Friday, December 11, 2015

soal UH Sistem Telekomunikasi


Dasar Telekomunikasi

  1. Definisi dari telekomunikasi adalah..

  1. Pertukaran informasi pada hubungan jarak jauh
  2. Pertukaran informasi pada hubungan jarak dekat
  3. Pengiriman informasi pada hubungan jarak jauh
  4. Suatu sistem untuk mencapai tujuan tertentu
  5. Suatu sistem untuk mencapai tujuan bersama


  1. Contoh dari jenis informasi dibawah ini yang kurang tepat adalah..

  1. Suara = telephoni
  2. Gambar  & Suara = Televisi
  3. Text =  Teletex
  4. Suara & text = Telephoni
  5. Suara & gambar = Videophone


  1. Blok Diagram SISTEL dasar terdiri dari ?

  1. Sumber informasi – Media transmisi – Tujuan
  2. Sumber informasi – Transducer – Tujuan
  3. Sumber informasi – Penguat informasi – Tujuan
  4. Sumber informasi – Pemancar radio – Tujuan
  5. Sumber informasi – Penerima radio – Tujuan


  1. Transducer ; Receiver ; Transmitter adalah..

  1. Suatu alat yang dapat merubah energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya ; Pengirim sinyal informasi ; Penerima sinyal informasi
  2. Penghubung antara pengirim dan penerima ; Pengirim sinyal informasi ; Penerima sinyal informasi ;
  3. Pengirim sinyal informasi ; Penerima sinyal informasi ; Suatu alat yang dapat merubah energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya ;
  4. Suatu alat yang dapat merubah energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya ; Penerima sinyal informasi ; Pengirim sinyal informasi
  5. Pengirim sinyal informasi ; Penerima sinyal informasi ;Penghubung antara pengirim dan penerima


  1. Suatu alat penyambung antara saluran yang satu dengan saluran yang lain sehingga informasi dapat sampai ke tujuan disebut dengan..

  1. Media transmisi
  2. Terminal Equipment
  3. Sentral
  4. Pemancar
  5. Telephoni


  1. Suatu perantara yang berfungsi untuk menyalurkan informasi dari pengirim ke penerima disebut dengan..

  1. Media transmisi
  2. Terminal Equipment
  3. Sentral
  4. Pemancar
  5. Telephoni


  1. Istilah komunikasi dua arah bergantian ; komunikasi dua arah bersamaan ; komunikasi dua satu arah ; pada sistel adalah..

  1. Full Duplex ; Half Dulpex ; Point to Point
  2. Full Duplex ; Half Dulpex ; Simplex
  3. Half Dulpex ; Full Duplex ; Point to Point
  4. Half Dulpex ; Point to Multpoint ; Point to Point
  5. Half Dulpex ; Full Duplex ; Simplex


  1. TV merupakan contoh device pada komunikasi..

  1. Full Duplex
  2. Half Dulpex
  3. Broadcast
  4. Point to Point
  5. Point to Multpoint


  1. Radio amatir merupakan contoh device pada komunikasi..

  1. Full Duplex
  2. Half Dulpex
  3. Broadcast
  4. Point to Point
  5. Point to Multpoint


  1. Komponen sistem Telekomunikasi Terminal Equipment ; Switching Equipment ; Line Transmission adalah..
    1. Suatu device yang merupakan sumber informasi yang hendak disampaikan ke tujuan tertentu ; Sebagai Interface (antarmuka) antara network/jaringan dan manusia/mesin ; Sebagai perantara/penyampai dari pengirim ke penerima
    2. Untuk menentukan line/kanal ; Sebagai Interface (antarmuka) antara network/jaringan dan manusia/mesin ; Sebagai perantara/penyampai dari pengirim ke penerima
    3. Mengubah informasi ke sinyal elektrik ; Suatu device yang merupakan sumber informasi; Sebagai perantara/penyampai dari pengirim ke penerima
    4. Suatu device yang merupakan sumber informasi yang hendak disampaikan ke tujuan tertentu ; Alat penyambung antara saluran satu dengan saluran yang lain ; Sebagai perantara/penyampai dari pengirim ke penerima
    5. Alat penyambung antara saluran satu dengan saluran yang lain; Mengubah informasi ke sinyal elektrik; Sebagai perantara/penyampai antara Terminal Equipment dengan Switching Equipment

  2. Berikut yang merupakan kemampuan dasar sentral telepon, kecuali :
    1. (switching)
    2. (signaling)
    3. (numbering)
    4. (routing)
    5. (hierarki)

  3. Berikut yang merupakan fungsi dari Signaling ; Control ; Crosspoint adalah..
    1. Menerima permintaan dari pemanggil ; Membangun hubungan (melakukan penyambungan antara pemanggil dengan yang dipanggil) ; Menentukan saluran yang harus dihubungkan
    2. Menerima permintaan dari pemanggil ; Menentukan saluran yang harus dihubungkan ; Membangun hubungan (melakukan penyambungan antara pemanggil dengan yang dipanggil)
    3. Mengecek status yang dipanggil (idle/sibuk); Membangun hubungan (melakukan penyambungan antara pemanggil dengan yang dipanggil) ; Menentukan saluran yang harus dihubungkan
    4. Membangun hubungan (melakukan penyambungan antara pemanggil dengan yang dipanggil) ; Menentukan saluran yang harus dihubungkan ; Mengecek status yang dipanggil (idle/sibuk)
    5. Membangun hubungan (melakukan penyambungan antara pemanggil dengan yang dipanggil) ; Menentukan saluran yang harus dihubungkan ; Menerima permintaan dari pemanggil

  4. Cara-cara perlintasan sinyal untuk terjadinya suatu sambungan disebut dengan..

  1. Dialling
  2. Billing
  3. Signalling
  4. Routing
  5. Numbering


  1. Badan khusus PBB yang bertanggung jawab di dalam bidang telekomunikasi

  1. FCC
  2. EIA
  3. ITU
  4. CEPT
  5. Ditjen POSTEL


  1. Hirarki jaringan telepon adalah..

  1. Suatu sistem pengaturan agar jaringan rapih dan efisien
  2. Suatu sistem penyambungan hubungan antar-region dalam satu negara
  3. Suatu sistem penyambungan telepon hubungan antar kota
  4. Suatu sistem pengidentifikasian setiap pelanggan secara unik 
  5. Suatu sistem yang digunakan untuk menjamin mutu pelayanan telekomunikasi





  1. Suatu sentral yang bertugas untuk menyambungkan hubungan antar-region dalam satu negara disebut dengan..

  1. Sentral Lokal
  2. Sentral Primary
  3. Sentral Secondary
  4. Sentral Tertiary
  5. Sentral Quarternary


  1. Suatu sentral yang bertugas untuk menyambungkan telepon hubungan antar kota disebut dengan..

  1. Sentral Lokal
  2. Sentral Primary
  3. Sentral Secondary
  4. Sentral Tertiary
  5. Sentral Quarternary


  1. Pengidentifikasian setiap pelanggan secara unik  yang bertujuan untuk mempermudah routing dan proses panggilan disebut dengan..

  1. Dialling
  2. Billing
  3. Signalling
  4. Routing
  5. Numbering


Mutu Pelayanan / QOS (Quality Of Service)

  1. Periode pulsa ditentukan oleh..
    1. Jarak antara 2 tempat
    2. Waktu (sibuk atau sedang atau tidak sibuk)
    3. Kesulitan pencapaiannya
    4. Jenis pelayanannya (leased channel atau publik atau conversation or point to point)
    5. Benar semua

  2. Pelanggan akan senang dilayani dengan baik. Untuk pelayanan itulah mereka akan membayar. Sebab itu mutu pelayanan harus prima. Berikut ini faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam meningkatkan mutu pelayanan telekomunikasi adalah..

  1. Harga yang pantas ; Waktu pasang baru yang lama ;
  2. Kehandalan sambungan (tidak putus-putus) ; Tanggapan yang kurang baik terhadap permintaan pelayanan
  3. Kekerasan suara yang terdengar (tidak terlalu keras dan tidak terlalu lemah) ; Delay sampai dapat ring call lama
  4. Keberhasilan sambung yang tinggi ; Keramahan operator telekomunikasi sebagai pelayan
  5. Tidak tersedianya service tone (busy tone, telephone out of order) ; Harga yang pantas


  1. Fungsi dari sentral adalah..

  1. Menyelenggarakan fungsi switching
  2. Menyelenggarakan fungsi kontrol
  3. Menyelenggarakan fungsi operasi dan pemeliharaan
  4. Menyelenggarakan fungsi signalling
  5. Semua benar

Jelaskan perbedaan type komunikasi point to point dan point to multipoint ! Serta berikan contohnya !

Gambarkan dan jelaskan proses pembangunan hubungan telepon !

Terdapat 100 sambungan per-dua-jam dilayani lewat suatu saluran. Masing-masing sambungan dengan rata-rata hubungan 300 detik. Maka volume trafik adalah ?

0 komentar:

Post a Comment